Wednesday Sep 17

Newsflash

Ulang tahun anak tersayang, kasih souvenir coklat yuk.. lucu-lucu banget deeh.. cuma Rp 3500 yang kecil

Asuransi kesehatan Manulife

Manulife

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail
Klaim asuransi jiwa yang pernah saya layani, baru satu kali. Setelah 5 tahun saya menjadi agen, di tahun 2014 ini, ada salah seorang klien saya yang meninggal dunia. Klien saya ini usianya baru 52th, polisnya belum genap 1 tahun. Biasanya polis belum 2 tahun, akan lama dalam mengurus klaimnya. Tapi ternyata, hanya butuh 1 minggu disetujui oleh underwriter, dan uang ditransfer sebelum 14 hari kerja. Waktu uangnya ditransfer oleh Manulife, saya sampai nangis terharu. Klien saya ini, saya kenal lewat Internet, tapi dia dan keluarganya percaya pada saya dan Manulife.



Dokumen yang harus dilengkapi pada saat klaim
1. Isi Form Death Claim dari Manulife, diisi dokter dan ahli waris
2. Serahkan Polis asli ke Manulife
3. copy Surat Kematian dari Kelurahan LEGALISIR
4. copy Surat Kematian dari RS LEGALISIR
5. copy KTP Klien, KTP Ahli Waris -- LEGALISIR
6. copy Buku Tabungan Ahli Waris



karena polis dibawah 2 tahun, ada dokumen tambahan yang harus disertakan
1. Laporan Agen (diisi Agen)
2. Surat Pernyataan Kronologis Kematian (ditulis dan ditanda tangani ahli waris)



Klaim asuransi jiwa pertama ini, membuat saya tambah yakin dengan pekerjaan saya ini. Pekerjaan ini sangat mulia, memberikan setitik cahaya terang bagi keluarga yang ditinggalkan. Dan dengan pengalaman saya ini, saya bisa bercerita kepada klien dan calon klien. Semoga ke depannya saya bisa membantu lebih banyak keluarga, sehingga hidup saya lebih bermanfaat buat orang banyak. Amien YRA.
 
Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

 

Asuransi Kesehatan Tradisional VS Asuransi Kesehatan Unitlink

 

Saatnya membandingkan antara asuransi kesehatan Unitlink dan Asuransi kesehatan Tradisional dari Manulife.

Sebetulnya produk asuransi kesehatan Manulife hanya terbagi 2

1. Sebagai asuransi tambahan atau RIDER terhadap asuransi program utama. Nama Produknya: Hospital Benefit Plus, Advanced Hospital Benefit Plus dan Health Safe.

2. Sebagai asuransi program utama. Nama Produknya: Pro Health.

 

nah yang akan saya bandingkan adalah asuransi kesehatan yang dipasangkan dengan program dasar tradisional dan program dasar unitlink. Jadi yang saya akan direview adalah tipe nomer 1.

Saya tidak akan bandingkan nomer 2. PRO HEALTH mempunyai satu artikel full yang membahas secara terpisah. Jadi preminya dan karakteristiknya bisa dibaca secara lengkap.

 

Asuransi kesehatan Manulife bisa dipasangkan ke program dasar/ program utama Manulife, dan biasanya klien dapat memilih program dasar sesuai kebutuhan dan keinginannya.

Hospital Benefit Plus dan Health Safe, dapat dipasangkan ke PRO ACTIVE PLUS, PRO LIVING ABSOLUTE, MANULIFE LIFE PROTECTOR, BERKAH SAVE LINK, dan lainnya.

Advanced Hospital Benefit Plus, hanya bisa dipasangkan ke MANULIFE VALUE PROTECTOR.


Yang bahas saat ini dimana para klien saya, saya tawarkan 2 alternatif dan mereka akan memutuskan mana yang terbaik sesuai kebutuhannya.

1. PRO ACTIVE PLUS + HOSPITAL BENEFIT PLUS.

2. MANULIFE VALUE PROTECTOR + ADVANCED HOSPITAL BENEFIT PLUS.

 

dari perbedaan fasilitas Hospital, bisa dilihat tabel perbedaan yang signifikan dari Hospital Benefit dan Advanced Hospital Benefit.

Read more: Asuransi Kesehatan Tradisional VS Asuransi Kesehatan Unitlink

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail
User Rating: / 4
PoorBest 

Mudahkah klaim asuransi kesehatan di Manulife?

Setelah sekian lama, saya mencoba mengulas karakteristik produk asuransi Manulife. Kali ini saya membahas bagaimana klaim asuransi di Manulife.

Klaim asuransi yang selama ini saya bantu di Manulife, baru klaim asuransi kesehatan. Saya belum pernah membantu klien untuk klaim asuransi jiwa. Alhamdulilah, klien-klien saya masih sehat wal afiat.

Klaim asuransi kesehatan di Manulife ada 2 cara, yaitu dengan cara Reimbrusement dan Cashless.  Artikel lebih detail bisa Anda baca di SINI

Reimbrusement, prosedurnya cukup mudah. Klien hanya perlu melakukan hal sbb:

  1. Isi Formulir Living Claim (diisi klien dan dokter yang merawat) -- harus di tanda tangan dan cap oleh Rumah sakit.
  2. Menyerahkan Kuitansi Asli/ Copy Kuitansi Legalisir.
  3. Menyerahkan Resume medis/ Copy Resume.
  4. Jika menggunakan Copy Kuitansi Legalisir, maka sertakan surat pernyataan yang menyatakan dimana kuitansi asli disimpan. Surat diberi materai.
  5. Berikan semua dokumen di atas kepada agen atau Customer Service Manulife terdekat.
  6. Status Klaim disetujui paling lambat 14 hari kerja.

Saya menuliskan sedikit pengalaman saya dalam membantu klaim askes

CASE 1:

Klien mendaftar untuk asuransi term life + Hospital Benefit kelas kamar 500, pada saat umur polis blum ada 1 tahun, klien harus operasi usus buntu. Klien saya ini, menggunakan fasilitas cashless.

CASE 2:

Klien mendaftar asuransi term life  + Hospital benefit kelas kamar 500 paket keluarga, pada saat umur polis 6bulan, anak dari klien dirawat karena panas tinggi. Klien ini, membayar dulu semua tagihan, dan menagihkan dengan cara reimbruse ke Manulife. Karena lokasi klien ada di Bogor, dan saya di Jakarta, maka semua dokumen dikirim lewat jasa kurir.

Jika Anda punya fasilitas cashless, maka prosedurnya lebih cepat daripada Reimbrusement

  1. Tunjukkan kartu cashless pada saat mendaftar di Rumah Sakit
  2. Rumah Sakit akan menghubungi GAMI, memeriksa apakah klien betul2 klien Manulife.
  3. Klien dirawat
  4. Setelah klien selesai dirawat, maka GAMI akan menghitung jumlah yang dicover
  5. Apabila tagihan rawat inap bisa dicover Cashless pada saat itu, maka Klaim langsung disetujui, klien hanya perlu membayar kekurangannya.
  6. Apabila tagihan rawat inap tidak bisa dicover, maka GAMI akan mengeluarkan surat penolakan beserta alasannya.

Pengalaman saya, ada klien saya yang ditolak Cashless-nya oleh GAMI, sehingga klien saya harus membayar lunas tagihan rumah sakitnya. Karena cashlessnya ditolak, tapi saya menyarankan ke klien untuk mencoba cara reimbrusement.

Walaupun klaim ditolak oleh GAMI secara Cashless, bukan berarti klaim ditolak oleh Manulife. Klien masih bisa mencoba jalur reimbrusement.

Sebetulnya, mudah atau tidaknya, tergantung agen-nya deh. Kalau agennya profesional dan baik hati, pasti mau membantu dengan segala upaya.

Sekalian promosi ya.. kalau begitu jadi klien saya aja deeee... atau bisa juga jadi klien-nya agen saya! hehehe.. teteup!

 

Cheers,

 

 

Devi Dimitra Maksum
UM J. Gamma Fortuna
Tel/WA. 08551027107
Pin BB: 7D20960A
Email. This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail
User Rating: / 3
PoorBest 

 

CASHLESS Manulife VS REIMBRUSE

Bagi pembaca yang sebelumnya pernah membaca artikel Hospital Benefit dan Health Safe, tentunya sudah aware dengan istilah Cashless dan Reimbruse.

Apa sih Cashless itu? dan Apa sih Reimbruse?

Pertama Reimbruse dulu yang dibahas ya, Reimbruse adalah salah satu metode klaim asuransi kesehatan, dengan membayar semua tagihan Rumah Sakit memakai uang pribadi klien, kemudian klien menagihkan ke perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan membayar sesuai dengan plafon yang didaftar oleh klien.

Cashless adalah salah satu metode klaim asuransi kesehatan, dengan menunjukkan kartu keanggotaan, maka klien tidak perlu membayar DP dan biaya Rumah Sakit, klien akan membayar kelebihan dari plafon yang ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

Nah, saya ingin mengedukasi Anda lewat artikel ini, sebetulnya Cashless itu, prosesnya bagaimana.

Cashless adalah proses dimana perusahaan asuransi mengalihkan pembayaran klaim rumah sakit kepada pihak ketiga. Artinya ada perusahaan lain di tengah-tengah, antara klien dan perusahaan asuransi. Nama Kerennya Third Party Administrator. Dalam asuransi individu Manulife, ADMEDIKA yang ada di tengah-tengah.

 

Pada saat klien ingin klaim, ini gambarannya

KLIEN === ADMEDIKA === MANULIFE

 

Jadi apabila klien akan masuk Rumah Sakit atau, akan membayar tagihan Rumah sakit, maka yang dihubungi oleh Rumah Sakit adalah perusahaan GAMI ini, bukan Manulife.

Di GAMI, mereka mempunyai tim underwriting tersendiri, terdiri dari dokter-dokter yang setiap harinya mengevaluasi, apakah penyakit yang diderita bisa dicover oleh perusahaan mereka pada saat itu juga.

Kalau GAMI tidak bisa mengambil keputusan, maka GAMI menolak klaim Cashless, dan akhirnya klien harus melakukan klaim secara langsung (reimbruse) ke Manulife.

Akibatnya, klien harus membayarkan semua tagihan Rumah Sakit terlebih dahulu.

 

Ada 2 keputusan dari GAMI:

 

  1. Menerima klaim cashless
  2. Menolak klaim cashless

 

Note penting:

Ketentuan pemakaian fasilitas cashless ini cukup ketat. Satu diantaranya yaitu, Tidak boleh Telat Bayar Premi! Jika klien pembayarannya terlewat dari jatuh tempo. Maka Fasilitas Cashless ini akan non-aktif.

Maka, hati-hati untuk pembayaran premi asuransi secara bulanan, yang akan menyebabkan fasilitas cashless non-aktif.

Karenanya, disarankan pembayaran premi asuransi kesehatan, tidak bulanan! karena akan beresiko pada saat klaim. Saran dari saya, metode pembayaran adalah semesteran atau tahunan.

Sebetulnya premi Bulanan boleh-boleh saja, asalkan bayar tepat waktu. Maaf ya, kadang-kadang klien bukannya tidak punya uang untuk bayar premi, tapi lupa euy! Berarti setiap bulan mengingat-ingat jatuh tempo..

Nah, untuk pembayaran bulanan, di Manulife menggunakan sistem autodebet rekening tabungan. Bagian billing Manulife akan mendebet tabungan klien, 1 hari setelah tanggal jatuh tempo. Apabila keesokan harinya adalah hari libur, maka akan didebet pada hari kerja berikutnya. Artinya ada jeda, 1 hari dari tanggal jatuh tempo.

Padahal di saat jeda 1 hari tersebut, fasilitas cashless sudah non-aktif. :(

Cashless memang menarik, tapi klien harus menerima kenyataan ditolak klaim cashless oleh pihak GAMI.


Reimbruse is KEREN

Sekarang kalau Reimbruse, sepertinya metoda ini kurang menarik di jaman sekarang. Dimana cashless merupakan hal yang sangat keren. Tapi coba ditengok sistem reimbruse di Manulife, dimana reimbruse sangat mudah, apalagi kalau agen Anda adalah orang yang bisa diandalkan! Insya Allah, agen Anda yang akan membantu proses klaim.

Proses reimbruse ini ditangani langsung oleh tim underwriting khusus klaim di Manulife. Seperti biasa, tim ini terdiri dari dokter-dokter yang handal. Ada namanya SIMPLE CLAIM di Manulife, dengan ketentuan sebagai berikut:

 

Khusus untuk Hospital Claim

1. Dokumen lengkap

2. Total kwitansi ≤ 5 juta

3. Usia Polis > 2 tahun

4. Klaim Rumah Sakit dalam negeri

 

Simple Claim ini hanya diberi waktu 4 hari kerja!

keren banget ga sih?

Studi kasus aneh:

Kemarin ini saya bantuin klien yang usia polisnya 6 bulan, kuitansi Rp 14juta, Klaim dibayar Manulife Rp 13juta, dan ternyata prosesnya hanya 4 hari kerja juga. Uang masuk ke rekening klien 3 hari kemudian. Padahal standar kerja untuk kasus seperti ini adalah 14 hari kerja loh..

Saya, sebagai agennya sampe terkagum-kagum ama Manulife. Saya bahagia bisa membantu klien saya, dikala susah, dan saya bangga terhadap Manulife yang meng-akomodir kebutuhan klien saya.

Reimbruse, bisa diakali dengan cara sebagai berikut, klien ketika masuk Rumah sakit bisa membayar dengan kartu kredit dan tabungan, tapi selanjutnya buru-buru semua dokumen dilengkapi, dan dikirim ke agennya, supaya agen dapat membantu proses klaimnya. Kalau sesuai rencana, maka 14 hari kemudian, uang akan ditransfer ke rekening klien. Dan tagihan kartu kredit bisa dibayarkan sebelum jatuh tempo bulan berikutnya.

so, reimbruse bisa berubah jadi cashless, dengan kartu kredit pribadi deh!

satu lagi, Reimbruse bisa sangat berguna untuk double claim. Karena dengan metode reimbruse, klien bisa klaim di 2 perusahaan yang berbeda.

 

Dan di sisi Manulife, Double Claim hanya menyertakan

1. Form yang diisi dokter

2. Resume Medis

3. Copy Kuitansi legalisir, rincian biaya

4. Surat keterangan dimana kuitansi asli berada

 

sangat mudah double claim di Manulife. :) I love it.

 

bagaimana?

masih bingung mengenai cashless atau reimbruse?

 

Sebetulnya, itu terserah Anda. Lagi pula Cashless hanya menambah Rp 150ribu per tahun per peserta. Jadi tidak usah pusing mikir biaya cashlessnya.

 

dan Reimbruse, jangan dilupakan begitu saja. Saya siap membantu Anda, sebagai agennya! Jadi klien saya yeee.. muach-muach

 

cheers,

 

 

Devi Dimitra Maksum
UM J. Gamma Fortuna
Tel/WA. 08551027107
Pin BB: 7D20960A
Email. This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

PRO LIVING ABSOLUTE adalah asuransi jiwa tradisional jenis wholelife. Yang baru diluncurkan oleh Manulife Indonesia tanggal 7 Januari 2013.


Masih ingatkah anda dengan konsep asuransi jiwa tradisional jenis wholelife?

Saya ingatkan kan sedikit yah :)

Asuransi jiwa wholelife
adalah asuransi yang melindungi klien seumur hidup. Jika tertanggung meninggal dalam waktu kontrak maka akan dikeluarkan sejumlah uang santunan. Asuransi ini mempunyai jangka waktu pembayaran bisa dipilih 5 10 15 atau 20 tahun

Jika masa pembayaran sudah selesai maka akan dilindungi seumur hidup.



Asuransi jenis ini mempunyai nilai tunai dijamin tapi bukan artinya nilai investasi ya.
karena memang asuransi ini ditujukan hanya untuk melindungi jiwa bukan untuk mencari hasil investasi, maka jelas nilai tunai di dalam asuransi ini tidak besar.


PRO LIVING ABSOLUTE dibagi 2


- PRO LIVING ABSOLUTE SILVER
- PRO LIVING ABSOLUTE GOLD

Silver dengan Uang Pertanggungan Maksimum Rp 600.000.000, sedangkan GOLD untuk diatas Rp 600juta rupiah.


Anda jangan kaget ya. apalagi shock!
karena di PRO LIVING ABSOLUTE, ada bonus sebagai berikut

ASURANSI TAMBAHAN CACAT TETAP TOTAL, tanpa premi tambahan!!! alias gratis!

mantapsss!

dan satu lagi.. ehem..

PRO LIVING ABSOLUTE SILVER - GUARANTEE ISSUED! (apabila tanpa raider)

horeee!!

nah loh. yang bingung artinya GUARANTEE ISSUED, pegangan dulu deh. hahahaha... becanda dink, ini artinya Guarantee Issued



Guarantee Issued

== Polis langsung disetujui dalam waktu 1 hari kerja! Tanpa melalui proses underwriting.


apapula proses underwriting?


haiyaa. pembaca blum mengerti artinya underwriting? *ngelus dada deh
maap.


Proses Underwriting

== Proses seleksi masuk aplikasi asuransi jiwa.


jadi begini loh, Anda daftar asuransi, itu namanya daftar aplikasi asuransi. Nah, kalau daftar asuransi, sama dengan ngelamar kerja deh. Kan kita naruh aplikasi surat lamaran dan CV, blum tentu diterima dengan perusahaan tempat melamar kerja. SAMA! dengan asuransi, kita daftar dan sertain data-data, juga bayar asuransi, belum tentu diterima jadi klien!

so.. kalau ditulis Guarantee Issued, artinya, Anda diterima tanpa melalui seleksi itu.


mantapsss...


btw, untuk PRO LIVING ABSOLUTE GOLD, smua harus pake seleksi underwriting ya!


Dibawah ini keterangan underwriting dari produk PRO LIVING ABSOLUTE
- Tertanggung harus berusia 30 hari - 65 tahun.
- Masa Pembayaran 5, 10, 15, atau 20 tahun.
- Uang Pertanggungan : minimum 250juta
- Rider yang bisa ditambahkan: ADDB, Payor Benefit, Hospital Benefit, Manulife Crisis Cover, ALP.



PRO LIVING ABSOLUTE, Bisa jadi bahan perbandingan dengan PRO ACTIVE PLUS deee. Karena sama-sama asuransi jiwa murni!


Penasarankah dengan produk ini?
Anda bisa tanya premi dan illustrasi ke saya, dan jadi klien saya ya!

Email atau SMS atau BBM  atau Whatsapps, data Anda

- Nama
- Tgl Lahir
- Status Merokok
- Jenis kelamin
- Email


maksimum standar jawab email = 1 hari kerja. kalau dah lebih dari itu, hubungi saya langsung ditelpon ajaaaa.. :)

atau hubungi agen-agen saya! mereka oke-oke kok.. Tenang aja, saya punya sistem supervisi dan monitoring case, jadi walaupun Anda jadi klien agen saya, aplikasi Anda tetap dalam pengawasan saya.

 

cheers,

 

Devi Dimitra Maksum

Page 1 of 4